Get me outta here!

Sabtu, 06 Oktober 2012

Cara mengatasi program yang "Not Responding" tanpa task manager

Bagi yang suka oprek-oprek komputer, mungkin kita pernah ngalamin problem pada program yang sedang dijalankan yang akhirnya menyebabkan program NOT RESPONDING. Untuk menangani masalah ini biasanya kita langsung pencet Ctrl+Alt+Del untuk menjalankan Task Manager lalu klik End Task untuk menutup aplikasi yang error itu. Ya cara itu memang ampuh untuk membunuh aplikasi crash/error
secara paksa. Tapi tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih simpel untuk membunuh aplikasi crash tersebut. Jadi kita tak perlu capek-capek teken Ctrl+Alt+Del dan menjalankan Task Manager untuk mengkill program yang hang itu.
Di windows ada file yang namanya “taskkill.exe” file ini merupakan aplikasi bawaan windows, fungsinya sama dengan perintah End Task pada Task Manager tapi penggunaanya lebih simple dari pada menggunakan Task Manager. Yaitu dengan cara dibuatkan shortcut di Desktop komputer kita, jadi pada saat kita membuka program dan ternyata mengalami hang atau “NOT RESPONDING” maka kita tinggal double klik saja shortcut ini dan secara otomatis windows akan mengidentifikasi dan menutup semua program yang crash/error.


Not Reponding

Untuk cara membuat shortcut ke file taskkill.exe, bisa mengikuti langkah dibawah ini :
1. Klik kanan desktop, Pilih ‘Create New Shortcut’
2. Copy-paste kode di bawah ke field location shortcut 
taskkill.exe /f /fi “status eq not responding”
3. Lalu klik Next dan beri nama shorcutnya atau dibiarka default juga gak apa-apa.
Setelah melakukan langkah di atas maka akan ada sebuah shortcut dengan nama ‘taskkill.exe’ (dafault).
Trik   ini bekerja pada Windows XP Pro, Vista dan Windows 7.

0 komentar:

Posting Komentar